Artikel ini saya tulis guna memenuhi tugas Mata Kuliah Inovasi Sistem Informasi dan New Technology Semester 3, Jurusan Sistem Informasi, Universitas Gunadarma.
Disusun Oleh
Ersa Alfathona (12116380)
Noviani Wiandari (15116499)
Muhammad Raihan (15116026)
Raihan Pramudya (16116013)
2KA01
A. Sejarah Kereta Api
1.
Sejarah Kereta Api Dunia
Pada
abad ke-18, setiap tambang di Inggris memiliki jaringan kereta api sederhana
sendiri, dengan kuda sebagai tenaga penarik gerobak dari tambang ke pabrik.
Pada tahun 1774 James Watt memperkenalkan penemuan mesin uap stasioner
pertamanya ke seluruh dunia. Kemudian pada tahun 1800-an beberapa ahli mesin
uap berhasil memodifikasi mesin uap rancangan Watt, dengan merancang ruang
bertekanan tinggi non-kondensasi yang memungkinkan mesin untuk mengkonversi
lebih banyak energi uap menjadi energi mekanik.
Matthew Murray |
Kereta Rel Pertama |
Mesin
uap pertama mulai dioperasikan di sepanjang rel primitif pada tahun 1804. Saat
itu Matthew Murray berhasil menampilkan lokomotif sederhana pertama, Namun
perhatian publik justru lebih banyak tertuju pada Richard Trevithick yang
berhasil menciptakan “Penydarren”, sebuah lokomotif yang menarik beban setara
25 ton dan 70 orang. Kereta api dipergunakan secara komersial pada akhir
1820-an, George Stephenson yang berkebangsaan Inggris saat itu memenangkan
kompetisi dengan desain lokomotif uapnya. Sejak saat itu, lokomotif uap
menyebar dengan cepat hingga ke Amerika.
Masa
kejayaan kereta uap berakhir ketika seluruh armada kereta di London mulai
menggunakan mesin listrik dan juga pengenalan mesin Diesel, yang membawa
lokomotif uap untuk tutup usia setelah perang dunia ke-2. Mesin diesel yang
dikombinasikan dengan yang listrik memungkinkan terciptanya kereta terbaik
kedua dunia, setelah kereta listrik.
Setelah
Perang Dunia II bearkhir, era KA Supercepat memulai babak baru saat negara maju
di Asia yaitu Jepang mulai membuat dan mengoperasikan KA Supercepat mereka yang
di namakan Shinkansen. Pada tahun 1963, saat uji eksperimental, Shinkansen
Jepang mampu membuat rekor baru, yaitu melaju menembus kecepatan 256 Km/Jam.
Shinkansen tipe 0 dibuat oleh Kawasaki Heavy Industries dan melayani perjalanan
Tokyo - Osaka sejauh 515 Km dengan kecepatan operasional maksimum 210 Km/Jam.
Langkah Jepang ini kemudian disusul oleh negara-negara besar dan maju di Eropa
seperti Perancis dan Jerman.Perancis melalui perusahaan operator kereta api
mereka yaitu SNCF terus berinovasi agar bisa memiliki kereta supercepat. SNCF
kemudian melakukan berbagai proyek KA Supercepat.
Kereta Supercepat Shinkasen
Saat
ini, beberapa negara maju sedang mengembangkan bahkan sudah mulai mengoperasikan
kereta api berteknologi magnetic levitation (maglev) seperti Jepang, China,
Jerman dll. Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah memanfaatkan
gaya magnet untuk mengangkat kereta sehingga mengambang, tidak menyentuh rel
sehingga gaya gesek dapat dikurangi. Kereta maglev juga memanfaatkan magnet
sebagai pendorong. Dengan kecilnya gaya gesek dan besarnya gaya dorong, kereta
ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 600 km/jam, jauh lebih cepat dari
kereta biasa.
2. Sejarah Kereta Api
di Indonesia
Setelah
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, karyawan perusahaan kereta api yang tergabung
dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian
dari Jepang. Dan pada 28 September 1945 ditetapkan menjadi Hari Kereta Api dan
dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).
Nama
DKARI kemudian diubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Nama itu
diubah lagi menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tanggal 15
September 1971. Pada tanggal 2 Januari 1991, nama PJKA secara resmi diubah
menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) dan semenjak tanggal 1 Juni 1999
diubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) sampai sekarang.
Pada
akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa
investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa
angkutan kereta api di Indonesia. Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007
secara hukum mengakhiri monopoli PT KAI dalam mengoperasikan kereta api di
Indonesia. Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang
tahunnya yang ke-66, KAI meluncurkan logo baru.
Tahun
1976, PT. KAI mulai mendatangkan Kereta Rel Listrik (KRL) dari Jepang. KRL
merupakan kereta rel yang bergerak dengan sistem propulsi motor listrik. Di
Indonesia, kereta rel listrik terutama ditemukan di kawasan Jabodetabek, dan
merupakan kereta yang melayani para komuter. Kereta rel listrik berbeda dengan
lokomotif listrik. Panjang keseluruhan jalur kereta api di Indonesia adalah
7583 kilometer.
B. Daftar Kereta Tercepat di Dunia per 2017
5. Talgo 350, Spanyol
Kecepatan
Kereta : 350km/jam
Jalur : Madrid-Barcelona
dan Madrid-Valladolid
Jumlah
Penumpang : 365 orang
Tahun
mulai beroperasi : 2007
Negara : Spanyol
Speed maksimumnya
yang sampai 350 kmph mampu mempersingkat waktu tempuh antara Madrid dan
Barcelona. Kereta api memiliki 14 gerbong, yang terdiri dari 2 gerbong
pengemudi atau penggerak serta 12 lainnya merupakan gerbong penumpang. Fasilitas
kereta api terpecah menjadi empat kelas; ada kelas Club, First, Bistro, dan Coach. Semua
kelasnya menyajikan kursi berbaring, lengkap dengan tempat ganjal atau
penunjang kakinya. Setiap bangkunya sudah bisa mengakses perangkat audio atau
video. Panel informasi real time pun terpampang di dalam serta di
luar gerbong.
4. Siemens Velaro E/AVS 103,
Spanyol
Kecepatan
Kereta : 350km/jam
Jalur :
Barcelona – Madrid
Jumlah
Penumpang : 404 orang
Operator
: Spanish
National Railways
Tahun
mulai beroperasi : 2007
Negara
:
Spanyol
Yang
satu ini merupakan versi lain dari Velaro E ala Siemen, perusahaan Jerman yang
sudah mengembangkannya. Di Spanyol sendiri, kereta api ini lebih dikenal
sebagai AVS 103. Daerah operasinya ada diantara Barcelona dan Madrid. Speed
maksimalnya sebesar 350 kmph, sehingga memungkinkannya menempuh dua kota besar
itu dalam waktu 2 jam 30 menit saja. Pada Juni tahun 2007, pelayanannya untuk
umum dibuka. Total ada 8 gerbong, dengan kapasitas sebanyak 404 kursi.
3. AGV Italo, Italia
Kecepatan
Kereta : 360km/jam
Jalur :
Roma – Naples
Jumlah Penumpang : 446 orang
Operator
: Nuovo
Trasporto Viaggiatori (NTV)
Tahun
mulai beroperasi : 2007
Negara :
Italia
Ini
dia kereta api tercepat yang dioperasikan di daratan Eropa, Italia lebih
tepatnya. Kecepatan operasional maksimumnya menjangkau angka sebesar 360 kmph.
Namun di tahun 2007, ketika dilakukan tes awal, kereta ini bahkan melesat
sebesar 574 kmph. Pada April 2007, mereka mulai membuka jasanya. Daerah
operasinya bergerak di antara Roma dan Naples.
Desainnya
juga banyak mendapat pujian. Struktur yang diterapkan begitu ramah lingkungan,
bahkan 98% diantaranya memang dari hasil dari proses daur ulang. AVG Italo ini
memiliki 11 gerbong yang terbagi menjadi 3 kelas. Ada kelas Club, Prima dan
Smart. Semuanya sama-sama menyediakan kursi dari bahan kulit, tayangan televisi
serta Wi-Fi gratis.
2. Harmony CRH 380A, China
Kecepatan
Kereta : 380km/jam
Jalur :
Shanghai – Nanjing
Jumlah
Penumpang : 494 orang
Operator : Chinese
Ministry of Railways
Tahun
mulai beroperasi : 2010
Negara : China
Untuk
pelayanan secara komersil, kecepatan maksimum kereta ini sampai 380 kmph. Namun
ketika proses testing, speed kereta yang ada di Tiongkok ini tercatat
sebesar 416,6 kmph. Jasa rutin yang mulai dioperasikan pada Oktober 2010 ada di
antara rute Shanghai-Nanjing. Perusahaan CSR Qingdao Sifang Locomotive serta
Rolling Stuck menjadi pihak yang ada di balik produksi kereta ini. Material
alumunium membuat kereta api ini mampu mengurangi berat. Tampilan depannya yang
menyerupai ikan juga menjadi kekhasan tersendiri untuk kereta api ini. Desain
unik ini sengaja dirancang agar kereta mampu mengurangi tekanan aerodinamik.
Kapasitasnya
cukup banyak, sebanyak 494 kursi penumpang. Tiap penumpangnya akan difasilitasi
lampu baca, tampilan elektronik serta power port. Semua unit gerbongnya
juga mendapat pelayanan berupa makanan dan minuman. Mereka juga menyediakan
bagian VIP khusus di area yang berdekatan dengan kabin masinis. Dengan begitu,
kita bisa menikmati “pemandangan” kereta api yang tengah melesat
1. Shanghai Maglev, 431 kmph,
China
Kecepatan
Kereta : 431km/jam
Jalur :
Longyang Road – Pudong
International Airport
International Airport
Jumlah
Penumpang : 574 orang
Operator : Shanghai
Maglev Transportation
Development Co., Ltd.
Development Co., Ltd.
Tahun
mulai beroperasi : 2004
Negara : China
Kecepatan
operasi puncaknya mencapai 431 kmph. Adalah Shanghai Maglev Transportation
Development Co. yang menjadi operatornya. Jika diperhatikan secara seksama,
kereta api ini tidak memiliki roda. Bisa kita lihat bagian bawahnya melayang di
atas medan magnet, tepat diantara kereta dan track-nya. Kekuatan magnetnya
yang luar biasa itu menciptakan tarikan elektromagnetik tersendiri, sehingga
tak terjadi kontak langsung antara rel dengan keretanya. Untuk pelayanan
publik, kereta ini sudah membukanya sejak tahun baru 2004.
Wilayah
operasinya terbentang diantara jalanan Long Yang serta bandara Internasional
Pudong. Untuk kapasitas penumpangnya sendiri, Shanghai Manglev sudah menyiapkan
sebesar 574 bangku. Operasinya berlangsung setiap 15 menit. Untuk tiket biasa,
kita bisa menukarnya dengan uang sebesar US$8. Sementara untuk kelas VIP,
harganya dobel menjadi US$16.
C.
Kereta Masa Depan
Pesawat terbang masih menjadi alat transportasi
tercepat apabila ingin mengunjungi suatu tempat yang jaraknya ratusan kilometer
dari tempat kita berada saat ini. Namun sebentar lagi posisi tersebut akan
tergantikan dengan sebuah model transportasi baru bernama Hyperloop.
Hyperloop ini sebenarnya bukan teknologi yang baru. konsep
dasarnya sudah ada sejak lama. Namun gambaran jelas mengenai teknologi ini baru
terdengar tahun 2012 lalu setelah diutarakan oleh Elon Musk. Beliau adalah
pemilik perusahaan antariksa SpaceX dan mobil listrik Tesla Motors. Teknologi
Hyperloop ini dikembangkan secara open source yang berarti pihak lain dapat
ikut serta dalam mengembangkan teknologi ini.
Kereta Hyperloop ini kecepatannya bisa mencapai 1200km/jam.
Bandingkan dengan kecepatan pesawat terbang komersial (900 km/jam), atau kereta
api Maglev (600 km/jam). Dengan kecepatannya tersebut, tidak mustahil apabila
perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta dapat ditempuh dalam 25 menit saja.
Kereta Hyperloop berbentuk seperti sebuah kapsul, masing-masing
kapsul dapat diisi oleh 28 orang penumpang. Kapsul ini meluncur pada rel yang
berupa pipa tabung bertekanan rendah dan semivakum udara yang tahan gempa dan
tidak terpengaruh akan perubahan cuaca. Bagian atas tabung lintasan Hyperloop
sendiri dilengkapi panel surya yang membangkitkan energi hingga 57 MegaWatt per
tahun. Jalur kereta Hyperloop sendiri merupakan jalan layang, dibangun di atas
pilar beton.
Hyperloop ini tidak hanya menggunakan prinsip
elektromagnetik tetapi juga mengadopsi prinsip termodinamika dan dinamika
fluida. Kapsul Hyperloop memiliki 2 motor elektromagetik yang berfungsi
menciptakan medan magnet. Kemudian ada kipas angin berukuran besar dan
kompresor yang bertujuan untuk melampaui Kantrowitz Limit yang dirumuskan oleh
fisikawan AS, Arthur Kantrowitz.
Dikutip dari Kompas.com, Katorwitz Limit menyatakan, saat
sebuah benda bergerak dalam tabung semivakum, udara di bagian benda itu akan
termapatkan. Pada akhirnya, udara itu yang justru menghambat kecepatan gerak
benda. Ini persis seperti jarum suntuk. Kipas angin raksasa dan kompresor
membantu mengalirkan udara ke dalam kapsul dan sekitarnya.
Selain
itu dibutuhkan air bearing, yaitu bantalan sepanjang 1,5 meter yang menciptakan
udara bertekanan rendah. Kapsul akan melayang, persisi dengan interaksi magnet
dengan kutub yang sama pada kereta Shinkansen.
Bagaimana komponen-komponen tersebut dapat memengaruhi
kecepatan kereta Hyperloop? Penjelasan sederhananya adalah, udara menghasilkan
gesekan yang dapat menghambat sebuah benda untuk bergerak. Apabila kereta
Hyperloop ini bergerak di ruang hampa, kecepatan yang dihasilkan akan maksimum.
Namun menciptakan ruang hampa udara ratusan kilometer masih belum memungkinkan,
maka Musk memilih untuk memakai ruang udara bertekanan rendah pada rel kereta
Hyperloop ini.
Kipas angin berukuran besar dan kompresor akan mmengalirkan
udara ke air bearing, yang membuatnya menjadi bertekanan rendah. Udara ini
membantu kapsul tersebut untuk melayang, meminimalkan gesekan dengan tabung,
dan yang paling penting adalah membantu memaksimalkan kecepatan kereta
Hyperloop.
Dubai adalah kota pertama yang berkerja sama dengan
perusahaan AS Hyperloop ini. Dilansir dari The Independent (10/11/2016), kereta
berkecepatan tinggi sebagai transportasi baru antara Dubai dan Abu Dhabi akan
memotong waktu perjalanan antara dua kota secara signifikan. Tanggal
penyeselesaian proyek kereta Hyperloop di Uni Emirat Arab belum ditetapkan.
Namun, jika evaluasi awal sukses, CEO Hyperloop One, Rob Llyod mengatakan
proyek ini bisa berjalan. Maka dari perspektif teknologi, rangkaian kereta
Hyperloop siap dioperasikan sekitar lima tahun ke depan. (duniatimteng.com)
Bonus: (Video konsep penggunaan Hyperloop One, Dubai, 2020)
Daftar Pustaka
http://bangsabelajar.blogspot.co.id/2017/02/sejarah-teknologi-keretaapi.html
http://ilmuteknologyindustri.blogspot.com/2017/01/sejarah-kereta-api-didunia-dan.html
http://hudalogawa.blogspot.co.id/2015/06/ilmu-kereta-sejarah-dan-perkembangan_20.html
http://ilmuteknologyindustri.blogspot.com/2017/01/sejarah-kereta-api-didunia-dan.html
http://hudalogawa.blogspot.co.id/2015/06/ilmu-kereta-sejarah-dan-perkembangan_20.html
Sumber Gambar
http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Locomotive
https://fr.wikipedia.org/wiki/Matthew_Murray
https://www.osakastation.com/buying-shinkansen-tickets-at-shin-osaka-station/
http://inhabitat.com/first-passengers-ride-on-japans-311mph-floating-maglev-train/
https://en.wikipedia.org/wiki/TGV
https://en.wikipedia.org/wiki/Shanghai_Maglev_Train
https://en.wikipedia.org/wiki/Korea_Train_Express
https://en.wikipedia.org/wiki/AVE
http://www.krl.co.id/delapan-krl-jakarta-kota-bekasi-pp-akan-melalui-jalur-pasar-senen-mulai-1-april-2017/
https://fr.wikipedia.org/wiki/Matthew_Murray
https://www.osakastation.com/buying-shinkansen-tickets-at-shin-osaka-station/
http://inhabitat.com/first-passengers-ride-on-japans-311mph-floating-maglev-train/
https://en.wikipedia.org/wiki/TGV
https://en.wikipedia.org/wiki/Shanghai_Maglev_Train
https://en.wikipedia.org/wiki/Korea_Train_Express
https://en.wikipedia.org/wiki/AVE
http://www.krl.co.id/delapan-krl-jakarta-kota-bekasi-pp-akan-melalui-jalur-pasar-senen-mulai-1-april-2017/
bermanfaat sekali thx
ReplyDeletekereta makin cepet aja kayak pesawat ya bro:)
ReplyDeleteNice One
ReplyDeleteThank you bermanfaat sekali post-annya min
ReplyDeleteThanks infonyaa
ReplyDeletecommuterlyfe
ReplyDeleteWoowww interestiing
ReplyDeleteSangat bermanfaat! Kalo ga ada krl saya ga bisa kuliah nih
ReplyDeleteSangat bermanfaat sekali
ReplyDeleteSemoga di Indonesia cepat terwujud kereta tercepat aamiin
ReplyDeleteKira-kira hyperloop masuk indonesia gak ya?
ReplyDeletewah sangat bermanfaat sekali,thanks!
ReplyDeleteArtikelnya sangat bermanfaat
ReplyDeletenice info gan:)
ReplyDeletenice info gan:)
ReplyDeleteKeren banget infonya kakak makasih ya
ReplyDeletethanks infonya👍
ReplyDelete